Gini loh! cara kerja alarm mobil universal


Carazali-Yap! pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang cara kerja alarm mobil universal. Salah satu cara yang biasa kita lakukan sebagai langkah mengamankan mobil kesayangan adalah dengan pasang alarm mobil, cara ini selain bertujuan agar kendaraan kita aman, juga akan memberi manfaat tambahan, yaitu menjadikan proses buka dan tutup pintu kendaraan menjadi lebih mudah dan praktis.

Bayangkan saja jika kondisi saat hujan dan mobil terparkir di luar, betapa repot nya jika kita harus utak atik kunci hanya untuk sekedar masuk ke dalamnya. Tentu saja lebih enakan tinggal pencet kan?.

Hal dasar yang harus di pahami sebelum pembahasan berikutnya yaitu pada dasarnya sebuah alarm mobil akan bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio, layaknya sebuah mobil remote control mainan, pesawat radio dan juga pesawat televisi.

Ada dua bagian penting yang harus ada pada proses ini, yaitu:
  1. Pemancar frekuensi radio atau bisa di sebut transmiter, bagian ini berfungsi membuat gelombang radio dengan frekuensi tertentu yang nantinya akan di transmisikan dan juga akan di tumpangi atau sebagai pengantar dari kode atau informasi yang berupa perintah.
  2. Penerima atau biasa di sebut receiver, bagian ini berfungsi menangkap frekuensi radio yang tadi di pancarkan dan hanya akan menerima gelombang radio dengan frekuensi yang sama untuk selanjutnya, kode perintah yang datang bersama gelombang radio akan di terjemahkan untuk nantinya di teruskan ke bagian output, semisal sirine.
Terus, cara pasang alarm mobil nya bagaimana?
Berikut ini akan saya ulas cara pasang alarm mobil universal. Kenapa universal, ya karena skema pemasangan yang akan saya bagikan ini bisa di gunaka untuk berbagai macam type dan merek mobil yang tentunya modul alarm yang di gunakan juga harus yang universal.

Sebelum kita ke diagram pemasangannya ada yang perlu di ketahui sebelumnya bahwa, sensor alam yang memberikan sinyal atau triger kepada modul terdiri dari beberapa macam yaitu:
  1. Switch pintu, terpasang di pintu mobil dan akan memberikan sinyal arus negatif ketika posisi lock dan pintu di buka, sehingga sirine akan berbunyi.
  2. Sensor getaran, yang akan memberikan sinyal kepada modul jika kendaraan mendapat tumbukan atau benturan.
  3. Pada beberapa alarm juga di tambahkan sensor basah, yang akan memberikan sinyal jika kendaraan atau mobil terendam air pada level tertentu, semisal kebanjiran.
Diagram pemasangan alarm mobil universal
cara pasang alarm mobil universal


Keterangan
NO; Normal open, yaitu pada saat tidak ada arus listrik bagian ini tidak berhubungan atau tidak tersambung.
NC; Normal close, yaitu pada saat tidak ada arus listrik bagian ini berhubungan atau tersambung.
C atau Com, yaitu bagian yang akan tersambung dengan NO atau NC.

Itu tadi sekelumit cara kerja dan prinsip dasar cara pasang alarm mobil universal, semoga bermanfaat. Apabila ada yang kurang jelas bisa komen di bawah insyaAllah akan saya jawab semampu saya, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Gini loh! cara kerja alarm mobil universal"