Es Krim Peluang Dan Analisa Usahanya

es krim walls

Es krim sudah sejak lama di kenal di peradaban manusia, makanan ini muncul pertama kali di kalangan para pemimpin dan raja. Pada catatan sejarah yang tertua es krim di kenal sejak zaman kekaisaran Romawi kuno tepatnya pada masa kaisar Nero, pada saat itu es krim di buat dari salju halus dengan tambahan nektar, sirop buah, dan madu.

Keberadaan es krim di lanjutkan pada belahan bumi cina tepatnya pada masa pemerintahan raja tang dari kerajaan Shang. Pada saat itu makanan dingin ini di buat dari gumpalan salju yang di beri susu, sari buah, dan madu yang saat itu makanan ini lebih populer dengan sebutan " xuebaite".

Baca juga : Peluang dan cara membuat sabun cuci piring ala sunlight

Di Indonesia es krim masuk di bawah oleh bangsa Belanda yang pada saat itu makanan ini tergolong makanan mewah dan hanya orang tertentu saja yang bisa menikmati nya.

Melihat dari sejarah yang sangat panjang maka tidak menjadi heran jika makanan ini sudah sangat familiar di lingkungan masyarakat kita. Dan hal ini juga yang menjadi bahan pertimbangan mengapa usaha es krim menjadi sebuah peluang bisnis yang layak di untuk coba.

Pada kesempatan artikel kali ini saya hanya akan membahas tentang sedikit ulasan mengenai peluang usaha jualan es krim walls. Perlu di ketahui sebelumnya bahwasanya isi dari artikel ini adaah murni pendapat pribadi saya, dan saya tidak bermaksud untuk mempromosikan merek tertentu. Artikel ini hanya sebagai contoh.

Merek walls sudah cukup lama mengisi pasar es krim di indonesia selain beberapa merek yang lain seperti es krim campina, dan es krim aice serta es krim glico wings sebagai pendatang baru yang berusaha masuk di tengah popularitas walls.

Untuk menjadi mitra dari walls hal pertama yang harus di lakukan adalah datang ke distributor di kota setempat, atau bila beruntung maka sales walls akan datang ke tempat usaha kita untuk menawarkan kerjasama. Sebenarnya kita hanya akan di minta fotocopy identitas atau ktp sebagai persyaratan menjadi mitra walls.

Setelah itu biasanya selang dua hari freezer akan di kirim. Perlu menjadi catatan bagi yang akan memulai usaha eskrim bahwasanya pihak walls tidak memungut biaya sedikitpun dalam proses ini, alias gratis. Kita hanya akan membayar untuk paket produk awal sebesar antara Rp.500 ribu sampai Rp.800 ribu, tergantung kesepakatan dengan sales dan itupun kita bayar setelah barang atau es krim datang. Untuk pengiriman barang atau es krim akan mengikuti jadwal penjualan di wilayah setempat.

Bagaimana untuk keuntungannya? Pihak walls memberikan keuntungan kepada mitra pengecer sebesar 20% dari nilai jual produk, semisal kita jual es krim dengan harga 10 ribu maka keuntungan yang bisa kita dapat adalah 2 ribu. Jadi bisa di ambil kesimpulan bahwasanya semakin mahal produk yang bisa kita jual maka akan semakin besar pula keuntungan yang kita bisa dapat.

Sekarang kita lanjut ke hitungan biaya produksi yang akan kita keluarkan. Satu-satunya biaya produksi yang dominan dan harus di pertimbangkan adalah konsumsi listrik oleh freezer. Untuk ukuran freezer yang paling kecil dari walls akan mengkonsumsi listrik sebesar 1,72 kwh per 24 jam. 1kwh saat artikel ini di tulis seharga 1.483 rupiah ( untuk daya 900 volt ampere ) karena standart minimal untuk pasang freezer ini harus di colokkan ke listrik dengan daya 900 vott ampere.

Jadi hitungannya akan bisa di gambarkan sebagai berikut :
Dalam satu hari kita akan mengeluarkan biaaya listrik sebesar 1,72 x 1.483 = 2.550, jadi dalam sehari kita mengeluarkan biaya pasti sebesar 2.550 rupiah. Untuk BEP atau titik impas kita harus menjual :
7 es krim seharga 2 ribuan
20% dari 2 ribu adalah 400, jadi 2.550 di bagi 400 hasilnya 6,375 di bulatkan 7
3 es krim seharga 5 ribuan
20% dari 5 ribu adalah 1.000, jadi 2.550 di bagi 1.000 hasilnya 2,55 di bulatkan 3
2 es krim seharga 10 ribuan
20% dari 10 ribu adalah 2.000, jadi 2550 di bagi 2.000 hasilnya 1,275 di bulatkan 2

Itu tadi ulasan singkat tentang pengalaman saya menjadi pengecer es krim walls, mudah mudahan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi yang mau memulai usaha jualan es krim.
Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru, bisa jadi itu merupakan jalan anda meraih sukses.

Posting Komentar untuk "Es Krim Peluang Dan Analisa Usahanya"