Begini cara mudah dan aman atasi tabung elpiji bocor

tabung elpiji

Liquid petrolium gas atau lebih populair di telinga kita dengan sebutan elpiji sudah menjadi barang kebutuhan pokok selain sembako. Si melon yang sekarang mulai di gantikan dengan tabung elpiji pink adalah tabung elpiji 3kg yang pertama kali di gagas di era pemerintahan presiden SBY. Ide ini berhasil merubah gaya hidup masyarakat kita terutama ibu-ibu untuk beralih dari ketergantungan terhadap minyak tanah sebagai bahan bakar untuk menyiapkan hidangan di dapur, walaupun sih kita tahu sudah ada pendahulunya yaitu tabung elpiji 50 kg dan tabung elpiji 12 kg harga tentunya lebih mahal.

Manfaat pemakaian tabung elpiji mulai dirasakan ketika ibu-ibu memasak lebih praktis dan berisih dengan menggunakan benda ini, terlebih setelah pemerintah memutuskan untuk menarik subsidi minyak tanah yang tentunya berimbas pada harga jualnya yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari harga premium dan pertalite, walaupun tidak dapat di pungkiri di awal kemunculannya berbagai masalah juga muncul, mulai dari ketakutan masyarakat sampai kasus terjadinya kebakaran dan ledakan yang di sebabkan karena tabung elpiji bocor.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah tips sederhana dan murah cara mudah dan aman atasi tabung elpiji bocor. Hal pertama yang harus kita pahami adalah tanda dan sumber kebocoran yang terjadi. Tabung elpiji dingin dan ber embun adalah menjadi tanda dominan terjadinya kebocoran selain terciumnya bau gas yang sangat menyengat.

Ada beberapa bagian dari perangkat kompor yang biasanya menjadi sumber kebocoran, diantaranya:

  1. Sambungan regulator dan tabung, pada bagian ini sebenarnya sudah ada pengamannya yaitu sebuah cincin karet yang berfungsi untuk merapatkan sambungan ketika regulator di pasang dan kenop pada regulator di putar. Nah, karena beberapa hal semisal kelalaian petugas pengisian tabung yang tidak mengganti dengan cincin karet baru saat melakukan pengisian ulang atau karena kuningan rumah karet yang sudah aus maka terjadi kebocoran saat kita memasang regulator. Hal ini bisa di atasi dengan menambahkan potongan karet gelang dan memposisikannya melingkar untuk di pasang di kuningan rumah cincin karet sebelum memasang cincin karet bawaannya. Hal ini bertjuan agar rumah cincin karet lebih mampat dan kebocoran gas elpiji tidak terjadi. Oleh karena itu di sarankan kita untuk membuang cincin karet di tabung elpiji setiap kali isi habis, agar pada saat pengisian ulang akan di ganti dengan karet yang baru oleh petugas pengisian tabung elpiji.
  2. Sambungan selang elpiji dengan regulator serta sambungan selang elpiji dengan kompor, tindakan yang bisa di ambil dalam rangka pencegaha kebocoran pada bagian ini adalah dengan cara mengecek kekencangan klem pengencang pada dua bagian ini. Hindari menggunakan klem yang baut pengencangnya sudah aus.
  3. Bagian selang elpiji itu sendiri, Hal ini bisa terjadi karena kualitas selang elpiji yang menurun seiring dengan lama pemakaian dan paparan panas dari kompor. Bisa juga kebocoran selang di sebabkan karena selang di gigit tikus. Mengatasi hewan pengerat ini kita bisa menggunakan selang elpiji yang di lapisi besi pelindung.

Sampai disini dulu bolo mengenai tips singkat cara mudah dan aman atasi tabung elpiji bocor, semoga keselamatan tetap tercurah untuk kita dan keluarga, aamiin.
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Begini cara mudah dan aman atasi tabung elpiji bocor"